Cara Membuat Animasi Sederhana Dengan Macromedia Flash Professional 8

Friday 6 December 20130 comments


 Assalamualaikum wr.wb… sahabat blogger, kali ini saya mau berbagi tutorial “Cara Membuat Animasi Sederhana Dengan Macromedia Flash Professional 8”. Animasi yang saya buat adalah Mobil Berjalan.

ini adalah hasil akhirnya:

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuatnya:

1.Buka aplikasi macromedia flash professional anda:

2.Pertama saya akan membuat mobilnya, pada   layer satu ubah namanya menjadi mobil supaya mudah, karena disini saya akan menggunakan beberapa layer, dan setiap  satu objek satu layer.

3.Sahabat blogger, disini saya mobilnya download tetapi rodanya kita buat sendiri, karena jika design mobil sendiri rumit  saya mw yang cepat saja heeee… tpi kalian bisa design sendri yang lebih bagus. Untuk membuat rodanya  kita designnya di create New symbol.caranya pilih insert lalu New symbol atau tekan Ctrl+F8.


Maka akan muncul tampilan di bawah ini, dan ganti namenya menjadi Roda lalu Ok.


4.Lalu design rodanya dengan Oval tool, sesuai dengan kreatif anda.

5.Setelah  design rodanya sudah jadi, sekarang kita atur pada timelinenya, pada frame 15 klik kanan lalu pilih inset keyframe.


6.Selanjutnya pada frame ke satu klik kanan lalu pilih Create Motion Tween.


7.Agar rodanya bica berputar, pada frame ke satu, pada properties, Rotatenya diganti dengan Cw.



8.Sekarang kita pengerjaannya di sacene, karena saya mobilnya tidak design sendiri, maka buka gambar body mobilnya. Caranya pada pilih file->export->import to library->lalu buka body mobilnya.


9.selanjutnya body mobil yang ada di library pindahkan ke area pengerjaan kita, yaitu di sacene, pada layer mobil.


10.pindahkan roda yang ada di library pada area pengerjaan mobil , dan pasangkan pada mobilnya.


Maka jadilah design mobilnya:

11.selanjutnya buat layer baru caranya klik insert layer di bawah layer dan beri nama jalan, karena disini saya akan membuat design jalannya. Untuk mendesignya saya menggunakan Ractangel  Tool. Seperti gambar di bawah ini.


12.Buat layer baru lagi dan beri nama ruko, disini ruko nya nya saya juga tidak design sendiri guys, tpie download heeee..buka , dan pindahkan.

14.Buat layer baru lagi beri nama tanah, dan design tanahnya dengan Ractangel  Tool.

15.Buat layer baru lagi dan beri nama pohon, di sini saya akan menambahkan rumput-rumput dan bunga tetapi rumput-rumput dan bunganya saya compas, soalnya jika design sendiri membutuhkan waktu yang lama.setelah semua objek sudah di design, maka tampilannya seperti dibawah ini.


16.Langkah selanjutnya kita akan atur di framenya, pilih semua layernya dengan mengeblok, dan pada frame ke 150 klik kanan pilih insert keyframe.


17.Selanjutnya setiap layer create motion tweenkan, caranya pada frame ke satu klik kanan pilih create motion tween. Pada layer mobil, pada frame ke satu posisi mobil di awal jalan, dan pada frame ke 150 posisi mobil di akhir jalan.

Ini adalah hasil akhirnya:

Sahabat Rienie, selesai sudah langkah-langkah "Cara Membuat Animasi Sederhana Dengan Macromedia Flash Professional 8", untuk menjalankannya tekan saja Ctrl+Enter. Dan untuk menyimpannya, bnyak fersinya ne guys:

1.       Pilih menu File->Save as dan untuk save as typenya adalah flash 8 document(*.fla) .Penyimpanan cara ini yaitu agar nantinya objek yang kita design bica kita edit kembali.

2.       Cara yang kedua, yaitu pilih menu file->export->export movie, dan untuk save as typenya pilih windows AVI(*.avi) atau Flash movie(*.swf).


Oke sahabat Rienie, sekian tutorial tentang “Cara membuat Animasi Sederhana Dengan Macromedia Flash Proffesional 8”. Semoga bermanfaat bagi anda, Selamat mencoba… Good luck.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rienie Aniez - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger