Contoh Laporan Kerja Praktek BAB I

Wednesday 29 April 20150 comments



Assalamualaikum.Wr.Wb...
Setiap Mahasiswa/i yang sudah berada di semester akhir contohnya di semester 6 sebelum ke tahap membuat skipsi, pasti akan mendapatkan tugas magang atau Kerja Praktek, dan selesai itu pasti mereka membuat Laporan Kerja Praktek, yach seperti saya ini yang sedang mengerjakan laporan Kerja Praktek. Dan Sekaligus saya ingin berbagi Contoh Laporan Kerja Praktek BAB I  dengan judul "Sistem Informasi Nilai Siswa Pada SMA Negeri 1 Singkohor" Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.


BAB I


PENDAHULUAN




1.1    Latang Belakang
Perkembangan ilmu dan teknologi mengalami kemajuan yang pesat dalam bidang informasi, seperti halnya pertukaran informasi, dapat dilihat dari proses pertukaran informasi yang paling sederhana yaitu komunikasi secara langsung sampai pada pertukaran informasi yang paling canggih seperti pertukaran dengan menggunakan internet. Dan seiring perkembangan teknologi tersebut manusia pun terus berusaha untuk meningkatkan kreatifitasnya dalam mempermudah proses pertukaran informasi, dengan menggunakan alat yang begitu canggih yang disebut dengan teknologi komputer.
Seperti halnya teknologi komputer, teknologi informasi merupakan salah satu teknologi yang sangat berkembang pesat saat ini. Teknologi informasi adalah salah satu teknologi yang didukung oleh teknologi komputer. Dengan kemajuan teknologi informasi, pengaksesan terhadap data atau informasi yang tersedia dapat berlangsung dengan efisien dan efektif. Pemanfaatan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dapat menghasilkan keuntungan dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas suatu sekolah atau organisasi.
Sekolah SMA Negeri 1 Singkohor adalah salah satu sekolah Negeri di Kecamatan Singkohor. Pada SMA Negeri 1 Singkohor terdapat banyak bidang dan sub bagian. Misalnya pada bagian Tata Usaha yang menangani banyak kegiatan, salah satunya pengolahan data penilaian siswa. Berdasarkan pengamatan penulis, pengolahan data penilaian siswa pada bagian Tata Usaha SMA Negeri 1 Singkohor masih dilakukan dengan proses manual sehingga masih terdapat banyak kekurangan baik dari segi efisiensi maupun fektifitas.
Dari beberapa penjelasan diatas penulis bermaksud memperbaiki kelemahan yang ada dalam sistem informasi nilai siswa yang ada di SMA Negeri 1 Singkohor dengan mengangkat judul “Sistem Informasi Nilai Siswa Pada SMA Negeri 1 Singkohor”.

1.2    Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah yang akan dibahas dalam laporan kerja praktek ini ialah sebagai berikut:
1.    Bagaimana mengolah Data Nilai Siswa di SMA Negeri 1 Singkohor?
2.    Bagaimana membuat Sistem Informasi Nilai Siswa di SMA Negeri 1 Singkohor?

1.3    Ruang Lingkup Pembahasan
    Untuk membatasi luasnya pembahasan dan mencegah kesalahan dalam penggunaan laporan kerja praktek ini adapun ruang lingkup pembahasan dalam laporan Kerja Praktek ini adalah sebagai berikut:
1.    Hanya membahas Sistem Informasi Nilai Siswa di SMA Negeri 1 Singkohor Tahun Ajaran 2014/2015.
2.    Hanya membahas pembuatan Sistem Informasi Nilai Siswa di SMA Negeri 1 Singkohor.
3.    Aplikasi yang digunakan yaitu bahasa pemrograman Visual Basic 2008 dengan menggunakan Database MySQL.


1.4    Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1.4.1    Tujuan
Adapun tujuan dari kerja praktek  ini dilakukan adalah sebagai berikut:
1.    Mengetahui Sistem Informasi Nilai Siswa di SMA Negeri 1 Singkohor.
2.    Merancang Sistem Informasi Nilai Siswa di SMA Negeri 1 Singkohor.

1.4.2    Manfaat
Tidak ada kegiatan yang diupayakan tidak memiliki manfaat, beberapa manfaat dari penelitian ini ialah sebagai berikut:
1.    Mengetahui kelebihan dan kekurangan Sistem Informasi Nilai Siswa di SMA Negeri 1 Singkohor.
2.    Mempermudah dalam mengolah Data Nilai Siswa di SMA Negeri 1 Singkohor.

1.5    Metodologi Penelitian
Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah menganalisa hubungan keadaan data dan melakukan pengumpulan data dengan metode :
1.    Wawancara (interview)
Penulis melakukan wawancara kepada Pembimbing Kerja Praktek untuk mendapatkan keakuratan dan kebenaran data.
2.    Pengamatan (observation)
Untuk meninjau secara langsung di lapangan, maka penulis melakukan pengamatan bagaimana pelaksanaan sistem yang ditinjau dari segi yang dianggap penting.
3.    Studi Kepustakaan (Library Research)
Jenis metode studi yang dilakukan dengan mengumpulkan data yang ada hubungannya dengan kerja praktek yang bersifat teoritis dengan cara membaca buku-buku, bahan kuliah, serta tulisan lainnya yang berhubungan erat dengan studi

1.6    Sistematika Penulisan
Dalam penulisan Laporan Kerja Praktek ini, penulis membaginya menjadi 5 bab yang terdiri dari :
BAB I        PENDAHULUAN
Pada bab ini diuraikan tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat, ruang lingkup pembahasan, metodologi penelitian, sistematika penulisan.
BAB II    GAMBARAN UMUM INSTANSI
Bab ini berisi sejarah singkat sekolah,struktur organisasi,hak dan wewenang, visi dan misi, logo SMA Negeri 1 Singkohor, lokasi sekolah SMA Negeri 1 Singkohor.
BAB III        LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang uraian teoritis yang dimulai dengan sistem, informasi, sistem informasi, data, penilaian, metode perancangan sistem, konsep dasar pemograman visual basic 2008 dan Database MySQL.
BAB IV        ANALISA DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini berisikan tentang sistem yang  sedang berjalan, prosedur pengolahan data sistem yang sedang berjalan, desain global, perancangan DFD(data flow diagram) dan FOD (flow of document) , perancangan program, desain terinci dan rancangan logika program.
BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini merupakan penutup dari Laporan Kerja Praktek yang terdiri dari Kesimpulan dan Saran.

Mungkin itu aja untuk Contoh Laporan kerja Praktek BAB I  .Tunggu untuk BAB-BAB selanjutnya hheheheh


Terima kasih....!!!!
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rienie Aniez - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger